Sabtu, 05 November 2011

Tugas November

1.     intruksi di eksekusi :
sebuah komputer akan bekerja apabila mendapat instruksi-instruksiyang dikemas dalam sebuah program. semua instruksi, tersebut diproses oleh komputer di cpu. microprosesor dari cpu hanya akan mengeksekusi instruksi yang dikenali. instruksi-instruksi ini dikenal sebagai instruksi mesin  atau instruk sikomputer.kumpulan fungsi yang dapat dieksekusi cpu

2.    komponen utama system operasi
a)            shell bisa dianalogikan sebagai jembatan antara user input dan kernel, berfungsi memberikan fasilitas pada pengguna agar bisa berinteraksi dengan computer.
b)           kernel adalah jembatan antara hardware dan aplikasi-aplikasi yang menerjemahkan bahasa software sehingga mampu dimengerti oleh hardware dan hardware akan segera memprosesnya sesuai dengan kebutuhan.
c)            hardware adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

3.    a)         batch system  adalah suatu model pengolahan data, dengan menghimpun data terlebih dahulu, dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch. tiap batch ditandai dengan identitas tertentu, serta informasi mengenai data-data yang terdapat dalam batch tersebut. setelah data-data tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu, data-data tersebut akan langsung diproses.
4.     
b)         multiprogramming memiliki pengertian yaitu sistem operasi dapat
melayani banyak program yang tidak ada hubungannya antar program
satu dengan yang lain, dan program-program tersebut dapat dijalankan
sekaligus dalam satu komputer yang sama.
c)        Istilah multitasking memiliki definisi banyak pekerjaan atau proses
diolah dengan menggunakan sumberdaya cpu yang sama. dalam
komputer berprosesor tunggal, hanya satu instruksi yang dapat
bekerja dalam satu waktu sehingga cpu tersebut secara aktif
mengolah instruksi untuk satu pekerjaan tersebut.
d)        Time sharing merupakan variasi dari multiprogramming, dimana
setiap pemakai memiliki satu terminal online dengan pemroses
hanya memberi layanan pada pemakai yang aktif secara bergantian
dengan cepat. pemakai akan merasa dilayani terus menerus,
padahal sebenarnya digilir waktu yang cukup singkat.

e)     real time system adalah kondisi pengoperasian dari suatu sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang dibatasi oleh rentang waktu dan memiliki tenggat waktu (deadline) yang jelas, relatif terhadap waktu suatu peristiwa atau operasi terjadi. sebuah sistem non-waktu nyata sebagai lawannya tidak memiliki tenggat waktu.


4.    system call adalah permintaan untuk layanan bahwa program membuat kernel.
tujuannya. untuk berkomunikasi antara user dan hardware
system calls menyediakan interface pelayanan-pelayanan yang disediakan oleh sistem operasi, umumnya sebagai rutin-rutin yang ditulis dengan bahasa c atau c++, atau beberapa tugas yang mengakses hardware secara langsung menggunakan bahasa rakitan. biasanya programmer lebih memilih application programming interface (api) dibandingkan dengan low level programming.
5.    proses adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam rangkaian eksekusinya.
proses merupakan entitas yang aktif, dengan sebuah program counter yang menyimpan alamat intruksi selanjutnya yang akan di eksekusikan seperangkat sumber daya (resource) yang dibutuhkan agar sebuah proses dapat di eksekusi.
sedangkan
thread merupakan unit dasar dari penggunaan cpu, yang terdiri dari thread_id, program counter, register set, dan stack. sebuah thread berbagi code section, data section, dan sumb er daya sistem operasi dengan thread lain yang dim- iliki oleh proses yang sama.

6).  Rata_rata  tunggu proses
 = p1+p2+p3+p4/4
                      = 10+16+3+3/4
                          = 32/4 = 8.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar